Cara kerja gearbox manual

Mesin pembakaran internal berjalan pada kecepatan tinggi, sehingga pengurangan persneling diperlukan untuk mentransmisikan daya ke roda penggerak, yang berputar jauh lebih lambat.

Gearbox menyediakan pilihan roda gigi untuk kondisi berkendara yang berbeda: start berdiri, mendaki bukit, atau melaju di permukaan yang rata. Semakin rendah gigi, semakin lambat putaran roda jalan sehubungan dengan kecepatan mesin .

Gearbox jaring konstan
Gearbox adalah tahap kedua dalam sistem transmisi , setelah kopling . Biasanya dibaut ke bagian belakang mesin , dengan kopling di antaranya.

Mobil modern dengan transmisi manual memiliki empat atau lima kecepatan maju dan satu mundur, serta posisi netral.

Syncromesh terlepas

Roda gigi berputar bebas pada bush, diputar oleh roda gigi meshing pada layshaft. Unit synchromesh, dengan poros utama, terletak di dekatnya.
Synchromesh terlibat

Garpu menggerakkan synchromesh ke arah gigi yang dipilih. Permukaan gesekan menyinkronkan kecepatan poros, dan menyinkronkan dan mengunci gigi bersama-sama.
Tuas persneling , yang dioperasikan oleh pengemudi, dihubungkan ke serangkaian batang pemilih di bagian atas atau samping girboks. Batang pemilih terletak sejajar dengan poros yang membawa roda gigi.

Desain yang paling populer adalah gearbox jaring konstan. Ini memiliki tiga poros: poros input , poros layshaft dan poros utama, yang berjalan di bantalan di casing gearbox.

Ada juga poros di mana pinion idler gigi mundur berputar.

Mesin menggerakkan poros input, yang menggerakkan layshaft. Layshaft memutar roda gigi pada poros utama, tetapi roda gigi ini berputar bebas sampai terkunci dengan menggunakan perangkat synchromesh, yang disambungkan ke poros.

Ini adalah perangkat synchromesh yang sebenarnya dioperasikan oleh pengemudi, melalui batang pemilih dengan garpu di atasnya yang menggerakkan synchromesh untuk mengaktifkan gigi.

Cincin baulk, perangkat penundaan di synchromesh, adalah penyempurnaan terakhir di gearbox modern. Ini mencegah keterlibatan gigi sampai kecepatan poros disinkronkan.

Pada beberapa mobil, gigi tambahan, yang disebut overdrive , dipasang. Ini lebih tinggi dari gigi atas sehingga memberikan pengendaraan yang ekonomis pada kecepatan jelajah.

Gearbox empat kecepatan jala-konstan

Roda gigi dipilih oleh sistem batang dan tuas yang dioperasikan oleh tuas persneling. Drive ditransmisikan melalui input shaft ke layshaft dan kemudian ke mainshaft, kecuali di direct drive - top gear - ketika input shaft dan mainshaft terkunci bersama.
Bagaimana rasio roda gigi bekerja
Netral

Semua roda gigi kecuali yang diperlukan untuk mundur secara konstan berada dalam jaring. Roda gigi pada poros keluaran berputar bebas di sekitarnya, sedangkan roda gigi pada poros keluaran tetap. Tidak ada drive yang ditransmisikan.
gigi pertama

Pada gigi pertama, gigi terkecil pada layshaft (dengan gigi paling sedikit) terkunci padanya, melewati drive melalui gigi terbesar pada poros utama, memberikan torsi tinggi dan kecepatan rendah untuk start berdiri.
gigi kedua

Pada gigi kedua, perbedaan diameter roda gigi pada kedua poros berkurang, menghasilkan peningkatan kecepatan jalan dan peningkatan torsi yang lebih rendah. Rasio ini ideal untuk mendaki bukit yang sangat curam.
gigi keempat

Pada gigi keempat, poros input dan poros utama dikunci bersama, memberikan 'penggerak langsung': satu putaran poros baling-baling untuk setiap putaran poros engkol. Tidak ada peningkatan torsi.
Membalik

Untuk mundur, roda gigi idler ditempatkan di antara roda gigi pada dua poros, menyebabkan poros utama berbalik arah. Gigi mundur biasanya tidak sinkron.
Menyinkronkan roda gigi
Perangkat synchromesh adalah cincin dengan gigi di bagian dalam yang dipasang pada hub bergigi yang disambungkan ke poros.

Ketika pengemudi memilih roda gigi, mencocokkan permukaan gesekan berbentuk kerucut pada hub dan penggerak transmisi roda gigi, dari roda gigi yang berputar melalui hub ke poros, menyelaraskan kecepatan kedua poros.

Dengan gerakan tuas persneling lebih lanjut, cincin bergerak di sepanjang hub untuk jarak pendek, hingga giginya bertautan dengan gigi anjing miring di sisi persneling, sehingga hub dan persneling yang diluruskan terkunci bersama.

Desain modern juga mencakup cincin baulk, yang ditempatkan di antara permukaan gesekan. Cincin baulk juga memiliki gigi anjing; itu terbuat dari logam yang lebih lembut dan lebih pas di poros daripada hub.

Baulk ring harus ditempatkan tepat di sisi hub, dengan menggunakan lugs atau 'fingers', sebelum giginya sejajar dengan yang ada di ring.

Dalam waktu yang diperlukan untuk menemukan dirinya sendiri, kecepatan poros telah disinkronkan, sehingga pengemudi tidak dapat membuat gigi berbenturan, dan synchromesh dikatakan 'tak terkalahkan'.

A bejegyzés trackback címe:

https://qieeera.blog.hu/api/trackback/id/tr6617813559

Kommentek:

A hozzászólások a vonatkozó jogszabályok  értelmében felhasználói tartalomnak minősülnek, értük a szolgáltatás technikai  üzemeltetője semmilyen felelősséget nem vállal, azokat nem ellenőrzi. Kifogás esetén forduljon a blog szerkesztőjéhez. Részletek a  Felhasználási feltételekben és az adatvédelmi tájékoztatóban.

Nincsenek hozzászólások.
süti beállítások módosítása